-

March 02, 2010

Malay's Traditional Architecture: Traditional House in Riau

Rumah Adat Daerah Riau identik dengan Melayu. Karena Riau juga banyak ragam corak budaya, masing-masing daerah di Riau memiliki ciri khas tersendiri pada Traditional House kabupaten di Riau. Seperti di Kuantan Singingi, namanya Gajah Menyusu, di Kabupaten Kampar (Bangkinang) nama rumah adatnya Lancang / Pencalang / ataupun Rumah Lontiok begitu juga rumah adat Pekanbaru, Rumah adat Pelalawan dan Rumah Adat Melayu Riau lainnya. Jadi Rumah Adat (Traditional House) Daerah Riau itu cukup beragam, maka Rumah adat Riau bisa dikatan rumah adat Melayu Riau. Ditambah pula Riau terdapat banyak sungai maka setiap sungai itu beda pula beradaban serta adatnya walaupun banyak terdapat persamaan.


Secara umum ada 5 jenis rumah adat Melayu Riau:
* Balai Salaso Jatuh,
* Rumah Adat Salaso Jatuh Kembar,
* Rumah Melayu Atap Limas,
* Rumah Melayu Lipat Kajang dan
* Rumah Melayu Atap Lontik.


Bentuk rumah tradisional daerah Riau pada umumnya adalah rumah panggung yang berdiri diatas tiang dengan bangunan persegi panjang. Dari beberapa bentuk rumah, semuanya hampir serupa, baik tangga, pintu, dinding, susunan ruangannya identik.



Ganbar / Foto Rumah Adat Pekanbaru (Pekanbaru Traditional House)
Pekanbaru Traditional House,Rumah Adat Pekanbaru

Gambar / Foto Rumah Adat Pelalawan (Pelalawan Traditional House)
Pelalawan Traditional House

Gambar - Foto Rumah Godang / Rumah Adat Kuantan Singingi (Traditional House Kuansing)
Rumah Godang - Rumah Adat (Traditional House),Kuantan Singingi

Gambar Rumah Lontiok / Lancang / Pencalang,Rumah Adat Kampar
Lancang Pencalang Lontiok,Rumah Adat Kampar

Rumah lontik yang dapat juga disebut rumah lancang karena rumah ini bentuk atapnya melengkung keatas, agak runcing seperti tanduk kerbau. Sedangkan dindingnya miring keluar dengan hiasan kaki dinding mirip perahu atau lancang. Hal itu melambangkan penghormatan kepada Tuhan dan-sesama. Rumah adat lontik diperkirakan dapat pengaruh dari kebudayaan Minangkabau karena kabanyakan terdapat di daerah yang berbatasan dengan Sumatera Barat. Tangga rumah biasanya ganjil.



- Gambar - Photo Balai Salaso Jatuh
Balai Salaso Jatuh

Balai salaso jatuh adalah bangunan seperti rumah adat tapi fungsinya bukan untuk tempat tinggal melainkan untuk musyawarah atau rapat secara adat. Sesuai dengan fungsinya bangunan ini mempunyai macam-macam nama antara lain : Balairung Sari, Balai Penobatan, Balai Kerapatan dan lain-lain. Bangunan tersebut kini tidak ada lagi, didesa-desa tempat musyawarah dilakukan di rumah Penghulu, sedangkan yang menyangklut keagamaan dilakukan di masjid.


Balai Salaso Jatuh mempunyai selasar keliling yang lantainya lebih rendah dari ruang tengah, karena itu dikatakan Salaso Jatuh. Semua bangunan baik rumah adat maupun balai adat diberi hiasan terutama berupa ukiran.


Puncak atap selalu ada hiasan kayu yang mencuat keatas bersilangan dan biasanya hiasan ini diberi ukiran yang disebut Salembayung atau Sulobuyung yang mengandung makna pengakuan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.


Note: Photo yang bagus itu di Hunting di Bandar Serai (Purna MTQ) disana banyak terdapat replika Rumah Adat Melayu Riau dan Foto Rumah Godang, Rumah Adat Kuansing itu saya ambil langsung dilapangan. Silakan Berkomentar di dibawah ini :D


Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

5 komentar to “Malay's Traditional Architecture: Traditional House in Riau”

suatu saat blue akan postingan mendekat pada kota Riaumu ini bolehkan kawan
salam hangat dari blue
terima kasih telah berbagi

bluethunderheart said...
on 

sungguh sangat menawan rumah adat Riau Melayu
:)

ThePetarung said...
on 

mas,izin ambil photo rumah adatnya buat header

/rio

Anonymous said...
on 

WOW.. punyelah bagus. dan Cantik ! fuuuuyoooh. nak pindah ni.

Anonymous said...
on 

rumah adatnya sangat bagus

nurlaili syabani said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs