-

October 28, 2009

SM Amin Tokoh Sumpah Pemuda Sumatera

SM Amin Tokoh Sumpah Pemuda Sumatera
Ada sejumlah pemuda yang menjadi tokoh penting di balik peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Salah satunya adalah Kroeng Raba Nasution atau lebih dikenal dengan nama Mr SM Amin.

"Dia adalah anggota Komite 9 bersama Muhammad Yamin. Di masa setelah kemerdekaan, dia adalah gubernur pertama Sumut, Aceh dan Riau," kata Ichwan Azhari, dosen Jurusan Sejarah, Ketua Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, Senin (26/10).

Ia menambahkan, sepanjang hidupnya SM Amin telah memperlihatkan nilai kejuangan, patrotisme, pemikiran, dan kepribadian yang luar biasa untuk memperjuangkan Indonesia yang bersatu dan berdaulat.

"SM Amin merupakan tokoh besar yang, jika mengacu ke konsep pahlawan nasional pemerintah Indonesia, layak diusulkan menjadi pahlawan nasional. Bahkan SM Amin tidak hanya tokoh yang penting untuk diusulkan menjadi pahlawan nasional, tapi yang lebih penting lagi, bagaimana tokoh besar ini dapat dipelajari sehingga bisa menjadi bagian dari memori yang hidup bagi masyarakat Sumatera Utara, Aceh dan Riau. Ini mengingat di tiga provinsi inilah beliau pernah berkiprah sebagai gubernur di masa-masa awal berdirinya Republik Indonesia," tandas Ichwan.

Ichwan Azhari menyebutkan, sejak menjadi mahasiswa, SM Amin aktif dalam kegiatan perjuangan berdirinya negara Indonesia. Dia juga ikut dalam komite gerakan Indonesia Muda yang berhasil melebur organisasi-organisasi pemuda kedaerahan/kesukuan menjadi perhimpunan yang mengutamakan keindonesiaan, hingga lahir Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

Setamat kuliah sebagai sarjana hukum (Mr./ Meester in de Rechten), S M Amin tidak bersedia menjadi pegawai negeri yang mengabdi pada kepentingan pemerintah Belanda, walau dengan gelar itu sangat terbuka untuk menjadi kaya secara finansial dan sangat dibutuhkan memperkuat instrumen pemerintah Belanda. "Sebaliknya, dia berprofesi sebagai pengacara untuk menegakkan keadilan dan tinggal di daerah yang penuh gejolak di Kutaradja (Banda Aceh). Sebuah sikap keteladanan yang dapat dicitrakan sebagai bentuk perlawanan terhadap rezim kolonialisme," tutur Ichwan.

Pada masa pendudukan Jepang, S M Amin bekerja sebagai Direktur Sekolah Menengah di Kutaradja (Banda Aceh) yang berhasil merangsang tumbuhnya kader-kader berjiwa nasional.

Ichwan menjelaskan, setelah kemerdekaan 17 Agustus 1945, dalam kedudukannya sebagai Gubernur Muda Sumatera Utara, S M Amin terus melakukan perlawanan kepada Belanda, baik pada agresi militer Belanda I maupun II. "Akibat keberaniannya melawan Belanda, dia pun ditangkap dan dijebloskan ke dalam penjara," ujarnya.

SM Amin juga ikut berjuang tegaknya negara dalam jalur diplomatik dimana beliau dilibatkan dalam perundingan Linggarjati antara Republik Indonesia dan pemerintah Belanda.

Ichwan mengatakan, SM Amin juga merupakan tokoh integrasi. Semasa menjadi Gubernur Sumatera Utara, dia ditugaskan untuk menyelesaikan konflik serta perlawanan daerah Aceh terhadap pemerintah pusat. Dia dianggap mempunyai kemampuan dan dianggap sangat berjasa karena berhasil menyelesaikan ancaman desintegrasi bangsa di Aceh melalui pendekatan perundingan dan negosiasi," papar Ichwan.

Hal lain yang juga tidak boleh dilupakan, kata Ichwan, S M Amin juga menghasilkan karya pemikiran di bidang hukum dan politik yang pada zamannya menjadi sumber inspirasi tetap tegaknya negara Indonesia. "Sampai saat ini karya-karya pemikirannya yang tertuang dalam berbagai pidato, tulisan di surat kabar, majalah dan lebih 12 buah buku merupakan bukti jasanya dibidang pemikiran yang luar biasa, yang jika dipelajari sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai krisis ideologis, hukum dan politik di Indonesia saat ini maupun di masa depan," ungkap Ichwan Azhari. (OL-7)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

24 komentar to “SM Amin Tokoh Sumpah Pemuda Sumatera”

pertamaXX......
yg lain silakan premium..hehhe

NanLimo said...
on 

tokoh ini kayanya kurang terknel ya
ato aku aja yg ga gaul
hihihih

nada said...
on 

saking asyiknya ngeblog sampai - sampai lupa kalo Mr SM Amin mempunyai peranan penting dlam sumpah pemuda.

jidup pemuda Indonesia!!!!!

blog buat bloggers said...
on 

weeeeeeeeh Sumpah Pemuda, sekrng dah mulai dilupakan .... prihatin

lusiedulink said...
on 

wah dah kek pelajaran sejarah yah....

Miss Anna said...
on 

Perlu mencontoh semangat SM Amin dalam berkontribusi untuk bangsa

muchlisin said...
on 

salam sahabat
ehm..baru tahu nich...bagus postingnya ini memberikan gambaran patut diteladani...good luck ya...

Rihar Diana(dhana) said...
on 

Tokoh Pemuda yang perlu di ikuti oleh pemuda saat ini..yang tidak hanya terdoktrin budaya barat saja!!!

Ronaldo Rozalino said...
on 

tambah asyik aja ni blognya, info yang menarik ni buat saya,,soalnya saya baru tahu tokoh yang mempopulerkan pemuda2 di riau

Ocim said...
on 

Terima kasih infonya gan.... Semoga sukses sealu :D

Hitler Jr. said...
on 

Selamat hari Sumpah Pemuda

bang FIKO said...
on 

Salut, masih ada pemuda yang peduli dengan sejarah, budaya seprti adik ku ini. Lanjutkan,Good ! ) www.gustiandri.blogspot.com )

GOLDEN INFO said...
on 

Wah salut aku dengan Orang Tsb sekaligus salut kepada pemuda Indonesia yang ingin berjuang Untuk Indonesia...!!

akhatam said...
on 

makasi infonya broo..baru tau nih sekarang..

meningkatkan pendapatan adsense said...
on 

bro..link dah terpasang..en makasih infonya ya..

zonamerah said...
on 

wah ,, baru tau nih ,,
Ketahuan malas belajar sejarah ,, he he ehe ,,
Thanks Om infonya ,,

putra said...
on 

Wih Bngga Banget Nh rupanya Ada juga tokoh dari suku minang yang menjadi tokoh dalm sumpah pemuda...

Slamat Hari Sumpah Pemuda...

Laksamana Embun said...
on 

Salam hormat untuk SM amin...

Salam "satu nusa satu bangsa"

phonank said...
on 

Hmmm...baru bisa mampir
aduh..yang namanya Nan Limo itu Wisata Riau ya??
he..he bener2 engga tahu saya
aku pikir siapa gitu..
gak jadi deh bilang salam kenal
ini sih udah kenal dari dulu lagi..

Nice posting di saat Hari sumpah pemuda
Mungkin di sumatera namanya sudah tak asing lagi ya..

Itik Bali said...
on 

Bentar, belum selesai komeng deng..
aku pikir Nan Limo itu kaya Datuk Maringgih gitu
wekekkekke...gak tahunya masih muda..
alah..
pisss!! jangan marah ya..

Itik Bali said...
on 

Mari kita bersatu, berpadu dengan napas Sumpah Pemuda 81 th yang lalu. jangan biarkan ambisi pribadi dan golongan mengikis rasa nasionalisme sebagai bangsa Indonesia.

Lis Indra said...
on 

Cuma aku gak begitu terlalu interested ama masa lalu. Dulu, di Sumatera dan bahkan mungkin seluruh daerah-daerah di Indonesia (non Pulau Jawa) semua gubernurnya itu bukan orang asli daerah tersebut, dan ditunjuk oleh PUSAT bertindak sebagai tangan kanannya pusat. Aku masih ingat betul bagaimana gubernur-gubernur Riau terdahulu yg nonmelayu yang mengintegrasikan seluruh proyek negara strategis ke satu daerah saja yaitu Batam dan tidak merata ke seluruh Riau. Kita juga ketinggalan dalam hal SDM dan infrastruktur, kedua itu gak main2 investasi jangka panjang kita dipecundangi selama 32 TAHUN!!

Kris said...
on 

mas kritik sedikit lain kali kenalin juga donk yang dari daerah lain. SATU jiwa SATU bangsa

prafangga permana said...
on 

makna sumpah pemuda kelihatannya sudah hilang di masyarakat indonesia.. saat kita kembalikan agar negeri ini jaya

gus Nur said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs