-

September 03, 2009

DPRD Rokan Hilir Bahas Pulau Jemur

DPRD Rokan Hilir Bahas Pulau JemurMenanggapi masalah Pulau Jemur Wisata Riau diklaim Malaysia, akhirnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hilir (Rohil) akan segera melaksanakan sidang paripurna. Diantaranya membahas pembentukan Kepenghuluan Pulau Jemur, sebagai salah satu bagian dari Ranperda peningkatkan desa menjadi kelurahan dan pemekaran daerah.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Rohil Dedi Humadi kepada wartawan, Rabu (2/9) sebelum menggelar dengar pendapat dengan tim panitia anggaran (Panggar) Pemkab Rohil seputar pembahasan Rancangan APBD Perubahan tahun anggaran 2009 di Bagansiapi-api.

‘’Adanya pihak Selangor, Malaysia yang mengklaim Pulau Jemur itu miliknya, jelas sangat tidak beralasani. Sebab, bagaimanapun bentuk dan modelnya, pulau itu tetap milik Rohil, Indonesia,’’ kata Dedi Humadi.

Langkah yang segera diambil oleh DPRD Rohil dalam mengamankan semua pulau yang ada di Gugusan Kepulauan Aruah yang berada di perairan Pasirlimau Kapas ini, segera melakukan pembahasan beberapa agenda penting yang salah satu di antaranya menyangkut soal pemekaran dan pembentukan Kepenghuluan Pulau Jemur. Berkaitan dengan pembahasan Ranpeda tentang pembentukan Kepenghuluan Pulau Jemur tersebut.

‘’DPRD menyarankan agar Pemkab Rohil segera melengkapi dan membenahi semua fasilitas sarana dan prasarana yang diperlukan.

Fasilitas maupun sarana dan prasarana di sana perlu segera dilengkapi, terkait perekonomian masyarakat. Termasuk bangunan lainnya seperti sekolah dan rumah ibadah. Bila perlu di sana juga dibangun resetlemen bagi ma-syarakat. Sehingga nantinya, pulau itu bisa ramai,’’ kata Dedi Humadi menyarankan.

Menjawab Riau Pos tentang Gugusan Kepulauan Aruah memang sengaja dipersiapkan untuk menjadi kawasan wisata alam, Dedi Humadi tidak menafikan hal tersebut. ‘’Betul sekali. Hanya saja, Gugusan Kepulauan Aruah itu merupakan gabungan beberapa pulau yang besar dan kecil dengan kondisi yang berpencar. Dari beberapa pulau yang ada itu, hanya Pulau Jemur saja yang dijadikan wilayah pemukiman. Sedangkan pulau-pulau lainnya tetap dijadikan sebagai daerah persiapan untuk wisata alam,’’ lanjutnya.

Sejumlah pulau yang berada di dalam Gugusan Kepulauan Aruah di antaranya Pulau Jemur, Pulau Tandangan, Pulau Batumandi, Pulau Sarangolang, Pulau Batuadang, Pulau Tukong, Pulau Tukongmas, Pulau Tukongsimbang, Pulau Labubilik, dan Pulau Batu Berlayar. Sebagian besar kondisi pulau tersebut berupa batu karang dan belum dihuni masyarakat. Sebagian di antaranya, sudah memiliki banyak kegiatan.

‘’Di antaranya Pulau Jemur yang sekarang telah ditempati oleh TNI AL Dumai dan Distrik Navigasi Dumai dan bangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), dan menjadi sumber air bersih di Pulau Labubilik yang dikelola oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Rohil. Khusus Pulau Batumandi, menjadi sepadan antara Indonesia, Malaysia,’’ tuturnya.

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

7 komentar to “DPRD Rokan Hilir Bahas Pulau Jemur”

tetap pertahankan pulau jemur bro

nada said...
on 

Pertahankan Pulau Jemur milik Indonesia....!!!

Ronaldo Rozalino, Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi said...
on 

Baguslah kalau begitu , ada perhatian khusus

BIG SUGENG said...
on 

apa para pencari berita ini tidak mencari verifikasi dulu yah.
situs itu situs travel komersil, punya nya orang swedia. Silahkan di cek whois domainnya. Kesalahan bisa saja terjadi pada adminnya yang mengelompokkan pulau hanya berdasar peta dari Google map. Karena memang Pulau Jemur berada di tengah tengah selat malaka di kepulauan Riau. Dan di Malaysia sendiri pun ada Pulau Jemor. Jangan hanya mentereng di Judul headline nya aja tanpa klarifikasi.

cebong ipiet said...
on 

Lama-lama jadi nggak ngerti sama malay ini, main caplok terus ...

Bellar said...
on 

Ini tempat wisata ya ?! tempat nya asri skali kek nya... :)

NoRLaNd said...
on 

jaga daerah kita dari tgn jahil hehe

Ocim said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs