-

June 08, 2009

Daftar Wisata Pekanbaru-Riau

wisata pekanbaru riauWisata Riau - Kata orang, Kota Pekanbaru ini kekurangan tempat wisata ataupun tempat rekreasi. Sangat tegas saya katakan Anda salah! Wew... emang aku ngomong dengan siapa ya? Tegas banget.. hehe.. Namun kenyataannya Kota Pekanbaru juga memiliki objek wisata yang menarik dan patut untuk dikunjungi. Beberapa waktu lalu saya pernah membuat postingan tentang salah satu Objek Wisata Pekanbaru. Nah.. untuk memperlengkap referensi objek wisata pekanbaru dan tempat rekreasi menarik di kota pekanbaru berikut saya sajikan Daftar Wisata Pekanbaru :

Balai Adat Melayu Riau
Bangunan Balai Adat Riau ini terletak di Jl. Diponegoro Pekanbaru. Dibangun dan didesain dengan variasi warna dan ukiran motif yang bercirikan khas Melayu. Balai Adat ini dibangun untuk berbagai kegiatan yang berkaitan dengan adat resmi Melayu Riau. Arsitekturnya yang khas melambangkan kebesaran budaya Melayu Riau. Bangunan terdiri dari dua lantai, di lantai atas terpampang dengan jelas beberapa ungkapan adat dan pasal-pasal Gurindam Dua Belas karya Raja Ali Haji. Di kiri dan kanan pintu masuk ruangan utama dapat kita baca pasal 1 - 4, sedangkan pasal 5 – 12 terdapat di bagian dinding sebelah dalam ruangan utama.


Taman Pancing Alam Mayang
Alam Mayang berlokasi di Jl. H. Imam Munandar, lebih kurang 8 Km dari pusat kota Pekanbaru Kecamatan Bukit Raya. Alam Mayang nama sebuah kolam atau sarana pemancingan ikan yang berlokasi di km 8 jalan Harapan Raya, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru. Tersedia tiga buah kolam dengan luas keseluruhannya 18.560 meter dan berbagai jenis ikan seperti ikan gurami, lemak, nila dan sepat siam, siap untuk kita bawa pulang bagi keluarga. Lebih menyenangkan lagi memancing bersama keluarga karena di areal kolam terdapat kantin kecil-kecilan. Terbuka kesempatan setiap hari bersantai di Alam Mayang dan sesekali kemampuan kita diuji pula dalam lomba memancing ikan.


Mesjid Agung An-Nur
Mesjid Agung An-Nur merupakan mesjid propinsi dengan bentuk bangunan yang menarik dilengkapi tiang besar dan tinggi melambangkan kebesaran-Nya, terletak di pusat kota Pekanbaru, mempunyai fasilitas lengkap sebagai Islamic Centre serta dilengkapi pula taman yang indah dan luas.


Mesjid Raya dan Makam Marhum Bukit serta Makam Marhum Pekan.
Mesjid Raya Pekanbaru terletak di Kecamatan Senapelan, memiliki arsitektur tradisional yang amat menarik dan merupakan mesjid tertua di Kota Pekanbaru. Mesjid ini dibangun pada abad 18 dan sebagai bukti Kerajaan Siak pernah berdiri di kota ini pada masa pemerintahan Sultan Abdul Jalil Muazzam Syah dan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sebagai sultan keempat dan kelima dari Kerajaan Siak Sri Indrapura. Di areal Mesjid terdapat sumur mempunyai nilai magis untuk membayar zakat atau nazar yang dihajatkan sebelumnya. Masih dalam areal kompleks mesjid kita dapat mengunjungi makam Sultan Marhum Bukit dan Marhum Pekan sebagai pendiri kota Pekanbaru. Marhum Bukit adalah Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Sultan Siak ke-4) memerintah tahun 1766 – 1780, sedangkan Marhum Bukit sekitar tahun 1775 memindahkan ibukota kerajaan dari Mempura Siak ke Senapelan dan beliau mangkat tahun 1780.


Bandar Serai
Bandar Seni Raja Ali Haji yang lebih dikenal dengan Bandar Serai berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman Pekanbaru, tidak jauh dari kawasan bandar udara Sultan Syarif Kasim II (SSK II). Bangunan megah ini dibangun untuk penyelenggaraan MTQ Nasional ke XVII, tahun 1994 yang lalu, dahulunya nama Gedung ini adalah Arena Purna MTQ. Disini kita dapat menikmati suasana santai yang mengasyikkan sambil menyantap berbagai macam makanan yang banyak di jual, mulai dari makanan ringan seperti jagung bakar, hingga makanan yang mengenyangkan ada tersedia di sini. Makanan malam khasnya adalah jagung bakar. Berbagai konser dan pentas seni juga dapat kita saksikan, baik di halaman Bujang Mat Syam ini maupun di dalam gedung/hall. Selain itu kita dapat pula berkeliling-keliling untuk melihat berbagai rumah adat setiap kabupaten dan kota se-propinsi Riau. Disinilah dibangun gedung megah Anjung Seni Idrus Tintin.



Taman Puteri Kaca Mayang
Taman bermain keluarga ini berlokasi di Jl. Jendral Sudirman Pekanbaru, tepatnya di depan kantor walikota Pekanbaru. Taman Puteri Kaca Mayang ini merupakan tempat rekreasi keluarga yang berada di jantung kota Pekanbaru, sehingga mudah dicapai dengan transportasi umum yang ada. Bagi anak-anak, arena ini cukup menarik perhatian karena di tempat ini mereka dapat menggunakan berbagai fasilitas hiburan yang ada seperti kolam renang, komedi putar, bombom car, dan masih banyak lagi permainan yang tentunya menyenangkan dan mengasyikkan. Untuk hari-hari libur, tempat ini selalu dipadati pengunjung yang datang baik dari kota Pekanbaru sendiri maupun dari luar daerah.


Museum Sang Nila Utama
Museum ini terletak di Jl. Jendral Sudirman Pekanbaru, berbagai macam aneka koleksi benda-benda seni, budaya dan bersejarah propinsi Riau bisa sobat temukan disini. Tidak jauh dari dari museum ini juga terdapat satu bangunan khas dengan arsitektur melayu yang kental yaitu Gedung Taman Budaya Riau, dimana gedung ini digunakan sebagai tempat untuk pagelaran berbagai kegiatan budaya dan seni melayu Riau, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Dekranasda Riau
Dekranasda Riau terletak di ujung jalan Sisimangaraja, berbagai macam cinderamata Propinsi Ria bisa sobat dapatkan di Dekranasda Riau karena Dekranasda Riau adalah pusat cinderamata Riau terlengkap di Pekanbaru, segala macam aksesories dapat dijumpai seperti busana melayu, batik Riau, kain tenun dan songket, berbagai kerajinan kayu dan lain-lain


Taman Rekreasi Danau Buatan
Lembah Sari Danau Buatan ini berlokasi di Kecamatan Rumbai Pekanbaru. Lembah Sari adalah danau buatan berupa bendungan irigasi terletak kurang lebih 10 kilometer dari kota Pekanbaru. Pemandangan alam sekitar danau dengan panorama yang indah, sejuk, nyaman dan bukit-bukit yang ditumbuhi pepohonan, memungkinkan dikembangkan sebagai tempat atraksi wisata tirta seperti berenang, memancing, bersepeda air dan lain-lain.

Pasar Bawah Wisata Belanja di Kota Pekanbaru
Pasar serba lengkap ini terletak di utara Pekanbaru, yang merupakan pusat perbelanjaan barang-barang antik, aksesories rumah tangga dari dalam dan luar negeri, seperti keramik, karpet, lampu-lampu antik dan elektronik, pasar ini juga menyediakan barang-barang bekas yang mempunyai kualitas bagus.

Plaza Senapelan
Plaza Senapelan ini merupakan salah satu tempat wisata belanja yang selalu ramai dikunjungi, terletak di kawasan bisnis, persimpangan jalan Jendral Sudirman dan Teuku Umar, menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga, makanan, handphone, pusat kebugaran, perlengkapan olahraga serta restoran dengan aneka makanan pilihan.

Plaza Citra
Plaza Citra terletak di persimpangan jalan Tuanku Tambusai dan Pepaya yang merupakan pusat perbelanjaan yang menyediakan berbagai macam produk antara lain: busana ekslusif modern atau busana muslim, aneka batik pilihan, kosmetika, aksesories pria dan wanita, olahraga juga terdapat pasar swalayan dan mau nontonpun ada karena juga ada bioskop disini.

Plaza Sukaramai
Plaza Suka Ramai atau lebih dikenal oleh masyarakat Pekanbaru dengan Ramayana. Kawasan yang memiliki lokasi strategis ini terletak di pusat kota jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, membuat pusat perbelanjaan Plaza Sukaramai ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai daerah di Pekanbaru dan Riau umumya. Menyediakan berbagai macam pilihan kebutuhan untuk diberikan kepada orang-orang yang anda sayangi dengan harga yang relatif murah.

Mal Pekanbaru
EmPe begitulah masyarakat Pekanbaru memangilnya, terletak di seberang Plaza Senapelan persimpangan jalan Jenderal Sudirman dan Teuku Umar, merupakan salah satu pusat perbelanjaan modern yang lengkap yang tidak hanya menyediakan busana, sepatu, perlengkapan sehari-hari kalangan atas, tetapi juga menyediakan semua kebutuhan berbagai lapisan. Food court, elektronik dan handphone yang relatif terjangkau serta swalayan yang menyediakan buah-buahan dan alat tulis kantor semakin menambah semaraknya Mal Pekanbaru. Bagi yang hoby clubbing disinilah Hugos Café di Pekanbaru.


Mal SKA
Mal Simpang Komersial Arengka atau lebih dikenal dengan sebutan Mal SKA saja, merupakan salah satu pusat perbelanjaan modern yang terletak di barat kota Pekanbaru, terdapat pertokoan yang menyediakan berbagai keperluan rumah tangga, makanan, peralatan kantor, olahraga, menyediakan busana modern, kosmetika dan restoran dengan aneka makanan pilihan. Selain itu Mal SKA menyediakan layanan free hotspot untuk pelanggannya.

Ayo siapa yang hoby main golf, di Pekanbaru tersedia Padang Golf yang tersebar dibeberapa tempat, antara lain :
- Pekanbaru Golf Course Country Club, di Kubang, Kulim
- Simpang Tiga Golf Course, di Komplek AURI
- Rumbai Golf Course, di Complex IKSORA Rumbai

Informasi PON Riau 2012, Wisata, Seni dan Budaya, Kuantan Singingi, Pekanbaru dan Riau umumnya melalui sudut pandang seorang Blogger yang berasal dari Sungai Kuantan


Baca Juga Artikel Pekanbaru Riau Dibawah ini:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.sungaikuantan.com di inbox anda:

Comments :

38 komentar to “Daftar Wisata Pekanbaru-Riau”

Mal Ciputra gak masuk Mo?
I luv My City..

bang FIKO said...
on 

#bang Fiko: wew.. maaf bang klupaan... tu kan .. bang Fiko aja tau... sebenarnya masih banyak objek wisata di Pekanbaru, ini baru sekedarnya aja...
bagi temen2 yg lebih tau lokasi dan tempat wista di pekanbaru... mohon masukannya di sini.. siip

Admin said...
on 

wah wisata pekanbaru makin yahut aja neh lanjutkan sob

bunga raya said...
on 

Tapi tetep ajah kurang Bro...!!! Tambah satu lagi..., WARUNG AJO...!!!

IjoPunkJUtee said...
on 

good information....makasih ya..di tungguya kunjungan baliknya...

My Library said...
on 

hai,,,sob,,,,ternyata cinta alam yea,,,,ajakin dunk ketempat wisatanya,,,kan bisa bareng,,,he,,,he,,,,,

ly_myuut.. said...
on 

webnya keren sob...
salam kenal ya.....

Imoel said...
on 

banyak amat ya..??
moga wisata riau makin sukses bro..

Visit Gorontalo said...
on 

wah....lengkap sekali yaaa....mana tempatnya indah2...kpn2 cuti, buat liburan ke situ ah

Rinto said...
on 

salam knal ya>.....

febri said...
on 

kunjungan balik

cinema3satu said...
on 

Dari pada keluar daerah atau propinsi, lebih baik ketempat yang lebih baik, seperti Di Daerah Riau

Ronaldo Rozalino said...
on 

saya baru sekali ke Pakanbaru, kebetulan di sana ada sodara. jadi belum sempat muter2 liat kotanya.
mungkin nanti jika ada kesempatan ke Pakanbaru, saya akan mengunjungi tempat2 yang ada di daftar ini..

budiawanhutasoit said...
on 

Posting ulang ya?kayaknya aku dah pernah baca juga...

Maryo Sanjaya Adi Putra said...
on 

duhuhhh jadi pengen pergi kesono

SENDAL JEPIT said...
on 

taman kota gak ada ya...

DuniaPiyen said...
on 

ksna yuk kpan2..
heheh...

alfi said...
on 

berkunjung saat mentari yang biasanya trik melanda pekanbaru kini redup mungkin karena ikut berkabung karena bencna terjadi lag

bunga raya said...
on 

ternyata banyak juga yah tempat wisata di Riau, saya cuma 4 hari di Riau..nginap di hotel Furaya

dio said...
on 

boleh nih kalo lg project di riau mampir
kayanya menarik tempat2nya

ria_adria said...
on 

Waw.......

Berkunjung lagi nih!!

Lina said...
on 

Saran nih...

Wisata di Pekanbaru yang bernilai edukasi dan sebagai landmark Kota Pekanbaru sekaligus sebagai gedung perpustakaan termegah seIndonesia yang perlu kita tambahkan (sesuai pada daftar list di Visit Riau 2009) yaitu :

Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Riau, "Perpustakaan Soeman Hs"

krishadiawan.co.cc said...
on 

ikutan baca ya..

Arin Triyanto said...
on 

wah...Indah-indah yah di Riau.. Oke deh..csaya langsung menuju ke Riau deh... Berangkat sob

Blogger Jakarta said...
on 

Banyak juga yah wisata di Pekanbaru,
maklum belum pernah keluar dari pulau jawa nih.
kecuali Bali.

Thanks infonya.
Jadi pengen jelajah Indonesia nih.

Hi...!! said...
on 

thanks sob da mampir ke blog ancur lebur.. B-)

Miftahudin Ansori said...
on 

wah,bgus bgus

rezza said...
on 

Argopuro Multifarm and Outbond Adventure juga bisa dijadikan salah satu tujuan rekreasi alam dan pendidikan di pekanbaru, yg menyediakan sarana dan prasarana untuk berlibur sekalian belajar.... alamnya juga masih asri, ada pertanian terpadunya ( sapi, kompos, Biogas, PErikanan, pertanian, dll..) berasa di desa-desa yang jauh dari polusi udara...

ayo di coba untuk para instansi, lembaga pendidikan (TK-MAhasiswa), keluarga, dll..

beralamat di Jl. Umban Sari Atas no 215 Rumbai

Rufi WS said...
on 

membuat rindu kampung halaman...

btw, saya orang Riau juga lho, tepatnya Duri :)

sibaho way said...
on 

Ternyata banyak bener tempat wisatanya sob, thanks atas infonya..

Strategi Blogging said...
on 

wah jd pengen buru2 ksana nie... hahahaha

negeriads.com solusi berpromosi said...
on 

saya dari Be+ Magazine (Budi Tampubolon) Photographer_klo mau ngeliput pariwisata pekanbaru Riau gmn ya?????Untuk edisi majalah bulan Mei-Juni..Terima kasih

Budi Tampubolon said...
on 

hai....aku sebenarnya orang bandung - jawa barat...cuma saat ini aku kuliah di IPDN dan mendapat tugas belajar di kampus daerah pekanbaru -riau...nah kampusku berada di daerah panam kec. tampan...pasti kalian tau itu...berhubung aku baru 3 bulan di pekanbaru,,,aku ingin tau apa aja potensi dari kota ini...aku akan berada 2 tahun di kota pekanbaru dan sayang bila melewatkan tempat tempat menarik yang ada di kota pekanbaru ini...bila ada yang bersedia menjadi guide aku,,,aku sangat berterima kasih sekali...aku ingin lebih banyak tau mengenai kota ini...jika ada yang bersedia ...kontak aja Fb ku...(dechocorange@yahoo.com)...terimakasih...

buckbeakblog said...
on 

menurut saya masih kurang..
memang tmpat wisata bnyk tp tempat rekreasi mnghilangkn penat dan bersenang2 [ekanbaru masih kurang wak...!
dengar2 danau buatan mau d jadiin sperti ancol g jadi..!
boleh kita lihat bnyk warga pekanbaru yg malah liburan k sumbar..

turno said...
on 

saya tinggal di pekanbaru 3th trus kuliah di bandung....
waktu saya pulang 3 tahun kemudian tak ada perubahan yang kongkrit buat pekanbaru haya berdiri setadiun bulutangkis yang berada di dekat MTQ...dan kantor gubenur dan balai pustaka menurut saya sarana dan fasilitas umun buat warga pekan baru itu perlu. perlunya daerah2 potensi wisata di kembangkan buat warga pekanbaru bersantai menghilangkan penat atau capek nya di ruang terbuka hijau bukan di pingir2 jalan seperti di bundaran walikota..kurangnya sarana fasilitas umum ruang terbuka dan taman sangat memperhatinkan buat warga kota pekanbaru. karna pekanbaru RIAU adalah memiliki sumbangsi terbesar buat negeri ini tapi ruang-ruang terbuka hijau tidak di sumbangsikan buat warga riau itu sendiri.

FERIYANTO said...
on 

pekanbaru minim akan tempat wisata...mal hanya wisata belanja...
tapi tempat yang benar-benar wisata hanya ada di tempat wisata alamayang...buat warga pekanbaru perlu ruang-ruang terbuka hijau fasilitas umum untuk saling ber interaksi...

taman..hampir tak ada yang dapat di manfaatkan hanya MTQ tempat berkumpul sepanjang parit dan buat pameran...ruang-ruang hijau perlu di buat di pekanbaru agar pekanbaru tidak terlalu panas....

jadikanlah pekanbaru kota wisata dan kota hijau...
bukan kota panas dan kota asap...

FERIYANTO said...
on 

Green City - The Iconic Riau Premium Superblock the newest, the highest & the biggest in Sumatera Land

Menyajikan konsep Greener Enviromental Office Space Tower, Apartment , Condotel and Shopping Mall & Arcade

Green City said...
on 

mkasihh banget tgas ak jdi siap deh

ali said...
on 

Bagaimana Pendapat Anda?

KOMENTAR Sobat Adalah Nyawa Blog All About Pekanbaru Riau ini, Tentunya Blog Sobat Juga, Jadi Kita Sesama Blogger Mari Saling Menghidupi... Hehehe....

Bagi yang BELUM PUNYA BLOG bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau lainnya (contoh: http://facebook.com/nanlimo)

 

SungaiKuantan.Com Site Info


TopOfBlogs